Kamis, 21 Mei 2015

8 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terdengar Bunyi Aneh pada Mobil

Punya mobil keren tapi pas dijalani ada suara atau bunyi yang aneh? Hmm... Biasanya ini ada apa-apa pada mobil kendaraan kamu Sahabat! Eits ... Jangan panik dulu, kamu harus tau dulu nih asal bunyinya dari mana agar tau cara ngebenerinnya seperti apa guys!

Kali ini Kuce akan membahasnya dengan baik hanya untuk pecinta otomotif nih! Yuk, intip 8 hal yang harus dilakukan jika terdengar bunyi aneh pada mobil semoga memberi manfaat ya :)


Suara berdengung? 
Darimana bunyi itu berasal ya?
Source : yuniarinukti.blogspot.com



Biasanya jika kamu mendengarkan suara berdengung saat mengendarai di jalan licin, ini disebabkan  oleh shock absorber yang sudah usang guys. Supaya nggak bunyi lagi, kamu harus segera untuk menggantinya dengan yang baru.

Upss... Bunyi mobil saya berkeletak!
Source : http://www.springfield-motors.co.uk

Biasanya ini berasal pada poros penggerak yang terletak pada gearbox dan roda. Nah, ini bisa menyebabkan manset karet pada roda robek dengan cepat dan bahan bakar pada mobil akan cepat habis terpakai. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu segera mengganti dengan yang baru.

Upss! Ada yang retak nih
Source : www.rapid-racer.com

Terdengar bunyi retakan saat membawa si mobil? Biasanya ini terjadi si pedal pada suspensi guys, yang dikarenakan kawat baja dengan ketebalan 1-2 cm dan kenyal cenderung cepat rusak. Solusinya kamu harus segera ganti ban mobil dengan yang baru.

Suara berderak? Kenapa dengan mobil saya?
Source : www.hondanesia.com

Ini biasanya dikarenakan sistem pembuangan pada mobil longgar atau bantalan rem dan kaliper pada mobil kamu hancur guys! Jika kamu mendengar suara ini nih, sebaiknya segera ganti dan perbaiki sistem pembuangan pada mobil dengan yang baru.

Gemuruh pada mobil? 
Emang ada?
Source : yefrichan.wordpress.com

Pasti ada guys, suara bergemuruh terjadi karena bantalan kompling yang sudah usang. Maka rawatlah kopling secara rutin di bengkel resmi.

Ada yang suara terkikis nih!
 Source : tapatalk.imageshack.com

Biasanya nih ya, ini terjadi karena rem tangan atau pedal mobil kesayangan kamu sudah usang guys. Untuk mengatasinya lakukan pemeriksaan pada bawah mobil.

Kik ik ik ...... 
Kaya ada yang menjerit nih pada mobil
Source : indonesian.alibaba.com

Ini biasanya terjadi kerusakan pada tali kipas atau rem mobil kamu guys! Ini menandakan kalau kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Berasa bergetar nih pada mobil! 
Aman nggak yah?
Source : plus.google.com

Nggak aman dong jika ada getaran di mobil kesayang kamu, ini menandakan kalau ban mobil nggak seimbang guys! Untuk masalah ini, kamu harus menyerahkan mobil kesayangan kamu ke bengkel resmi untuk menyeimbangkan ban mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar