Kamis, 08 Oktober 2015

Seberapa Pentingkah Tutup Pentil Ban Anda?

Source : www.beritasatu.com

Penutup pentil atau dikenal dengan valve cap, merupakan salah satu barang kecil yang memiliki fungsi sangat penting di bagian ban. Namun, sayangnya banyak orang meremehkan barang kecil satu ini, hal ini dikarenakan penutu pentil berada di bagian bawah kendara yang terkadang tertutup debu dan kotor. Perlu diketahui, bahwa penutup pentil adalah salah satu unsur dalam keselamatan berkendara. 

Tutup pentil berguna untuk menjaga tekanan angin pada ban, ini salah satu fungsi dari pentil. Agar pentil tidak terkena debu, air, atau kotoran inilah fungsi tutup pentil agar tetap melindungi pentil berfungsi untuk menjaga tekanan angina pada ban. Jika dibiarkan kotor, maka fungsi pentil sebagai menjaga tekanan angin pada ban tidak berfungsi secara maksimal.

Selain menjaga tekanan angin pada ban, penutup pentil juga berguna untuk mencegah agar udara yang ada di ban tidak keluar melalui celah kecil pada katup pentil. Jika, pentil pada ban Anda rusak yang disebabkan karena debu, air, atau lumpur ban mobil juga akan tetap bisa menjaga kebocoran yang dapat ditahan secara perlahan.

Terlebih saat ini, himbauan polisi terhadap penggunaan penutup pentil sudah dicanangkan. Jadi. jangan pernah meremehkan barang kecil satu ini yah. Tetap jaga keselamatan berkendara Anda dengan memilih penutup pentil yang pas untuk menjaga tekanan angin pada ban dan menjaga pentil agar tidak kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar