Senin, 12 Oktober 2015

Masalah Performa Kelistrikan Mobil Menurun? Ini dia Penyebabnya!

Source : mobil.otomotifnet.com

Punya mobil pastinya harus diperhatikan performanya dong biar bisa bawa kamu kemanapun kamu pergi guys! Untuk itu sangat perlu nih untuk menjaga dan merawat performa mesin agar selalu awet dan tahan lama.

Perlu kamu ketahui nih guys! Menjaga performa mesin selain dapat berguna untuk kenyamanan dan keamanan saat mengemudi dengan performa mesin mobil yang baik bakal membuat mesin menjadi lebih tahan lama dan bersih, terutama performa pada kelistrikan mobil. Namun, jika kinerja listrik dalam mobil kamu bekerja secara tidak maksimal kemungkinan kamu tidak memperhatikan sistem groundingnya!


Sistem grounding adalah bagian penting dalam sistem listrik dalam mobil kamu guys! Nah, sistem ini menghubungkan kabel arus negatif ke chassis sebagai arus balik. Namun, permasalahan apa aja nih yang terjadi jika kamu mengabaikan sistem grounding pada mobil kesayangan? Nih, Kuce kasih tau yaitu :
  • Permasalahan pertamanya, mesin mobil akan sulit untuk dinyalakan guys! Pasti dalam menyalakan mesin mobil dibutuhkan yang namanya listrik untuk memulai pembakaran. Nah, bagi kamu yang mengabaikan sistem grounding akan membutuhkan beberapa kali untuk menyalakan mesin mobil kesanganmu!
  • Kedua, lampu redup bukan berarti kesalahan ada pada lampu atau aki yang berkurang lho! Kebanyakan pengendara langsung menyalahkan kedua hal tersebut, apakah termasuk kamu? Nah, lampu redup bisa saja disebabkan oleh sistem grounding yang buruk. So, yuk periksa sekarang! 
  • Dan yang terakhir, Jika sistem grounding buruk kemungkinan lain yang terjadi adalah lampu indikator menyala yang mempengaruhi sensor pada mobil kesayangamu guys! Selain itu, tanpa kamu sadari aki mobil akan menjadi boros.
Eitss ... sebelum ke bengkel, ada baiknya kamu mengatasinya sendiri dulu nih! Caranya, dengan memeriksakan kondisi konektor kabel sistem grounding dalam kondisi yang baik. Kamu yang suka melewati perjalanan yang sedikit kotor, sebaiknya jangan terlalu lama didiamka karena kotoran yang menempel pada bagian sistem grounding akan membuat kelistrikan mobil menjadi cepat rusak dan muncul permasalahan baru yang tidak diinginkan! So lakukan pembersihan dan pengecekan yang rutin untuk menjaga performa mobil kesayanganmu ya guys! Semoga bermanfaat:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar