Selasa, 15 September 2015

10 Tips Mengganti Ban di Jalan

Source : www.instructables.com

Ban mobil tiba-tiba kempes atau bocor di tengah jalan? Aduh, sendiri pula dan tambal ban nggak keliatan ada di mana. Eits.. jangan panik dulu guys, karena kamu juga harus bisa melakukan untuk mengganti ban sendiri lho! Pastikan dulu nih, kamu selalu membawa ban serap atau cadangan ya di dalam mobil kamu guys :)

Bagaimana cara mengganti ban dengan baik dan benar? Yuk, intip tipsnya berikut ini :

  1. Pastinya kamu harus menepi dulu guys atau mencari tempat yang cukup luas agar kamu bisa dengan aman dan nyaman untuk mengganti ban. Pastikan juga mobil kamu tidak bergerak.
  2. Lalu, ganjal ban kamu dengan batu atau balok kayu. Kamu juga bisa menggunakan rem tangan dengan memasukan transmisi pada gigi satu atau reserfer (R), untuk mobil otomatis kamu bisa menempatkan kondisi gigi pada posisi parking (P).
  3. Jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard atau beri tanda segitiga dibelakang mobilmu ya. Ini menandakan kamu butuh bantuan pengguna jalan lain guys :)
  4. Lalu ambilah ban cadangan pada mobilmu (Setiap mobil pasti memiliki ban cadangan) dan kunci roda. Dongkrak mobilmu sesuai dengan situasi yang dibutuhkan. 
  5. Dan Bukalah penutup roda, jika kamu mengalami kesulitan untuk membukanya, kamu bisa memancingnya dengan menggunakan obeng. Lalu mulailah untuk melepaskan baut-baut yang terpasang pada roda menggunakan kunci roda, dengan memutar searah jarum jam.
  6. Lalu kendorkan baut dan jangan sampai terlepas lho dengan pola bersilang ya guys! Barulah pasang dongkrak pada cengkungan kecil atau semacam tanda di bagian bawah mobilmu. umumnya berada sedikit di belakang roda depan dan di depan roda belakang.
  7. Setelah pada posisi yang sesuai dan pas, barulah perlahan-lahan untuk menaikan dongkrak sampai roda terangkat dan mudah untuk kamu lepaskan guys! Jika kamu merasa keadaan tersebut tidak stabil, maka turunkan dongkrak dan pastikan posisi dongkrak stabil dan pas.
  8. Barulah ke tahap pelepasan ban, kamu bisa memulai dengan melepaskan baut pada ban dan menarik ban secara perlahan.
  9. Ambil ban cadangan yang sudah disiapkan, lalu pasag dengan menggoyangkannya secara perlahan. Setelah posisi ban pas, pasang kembali baut dan putar searah jarum jam. Pada bagian ini kamu jangan mengencangkan baut ban terlebih dahulu ya guys!
  10. Turunkan dongkrak hingga ban mobil menyentuh tanah. Di sinilah baru kamu mengencangkan baut ban dengan memutar kembali menggunakan kunci roda. Kamu bisa melajkukan pengencangan dengan menempatkan kunci roda secara horisontal dan coba pijaklah batang kunci roda dengan kaki.
Nah, sudah beres dan cukup mudah bukan? Saatnya merapikan peralatan yang kamu gunakan ke dalam mobil dan melanjutkan perjalanan guys! Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar