Selasa, 07 Juli 2015

5 Tips Aman Saat Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

 source : abiummi.com

Siap-siap mudik ke kampung halaman nih guys! Siapa nih yang tahun ini mudik?

Menjelang lebaran tiba, mudik memang menjadi salah satu tradisi kebanyakan orang untuk ajang silaturahmi ke kampung halaman. Ada yang musik pakai pesawat, kereta, bus, kapal, dan kendaraan pribadi. Nah, kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi seberpti mobil atau motor, cek tips aman berikut yuk agar kamu tetap nyaman berkendara sampai ke kampung halaman.


Bawa Barang Seperlunya 
source : atisulastri.wordpress.com

Namanya juga mudik, kebanyakan keluarga yang akan mengunjungi kampung halaman akan membawa banyak barang. Nah, yang harus kamu hindari adalah jangan menaruh barang-barang terlalu banyak di atas mobil guys! Ini akan mengakibatkan mobil kamu tidak seimbang lho! Ini salah satu penyebab kecelakaan yang terjadi saat mudik. Untuk itu disarankan untuk membawa barang secukupnya.

Gunakan angin ban biasa
source : mobil.otomotifnet.com

Untuk perjalan jauh, ada baiknya kamu menghindari untuk menggunakan angin ban nitrogen guys! Ini bisa membuat ban yang berjalan laun dan menimbulkan panas bisa meletus lho. Jadi ada baiknya untuk menggunakan angin biasa ya guys :)

Cek kondisi mobil sebelum mudik  
source : reparasiban.com
 
Pastinya sangat penting untuk melakukan pengecekan kendaraan pribadi kamu sebelum dibawa mudik guys! Kamu yang mudik menggunakan mobil baru juga harus melakukannya, mulai dari cek mesin hingga bagian-bagian lainnya. Agar lebih mudah cek buku panduan service, lalu ceklah menurut ketentuannya.  
Menjaga kondisi fisik 
source : 999.fm

Kondisi fisik pengemudi sangat penting untuk kamu perhatikan guys! Jangan terlalu memaksa jika kamu mengantuk atau lelah, berhenti sejenak untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula lagi. Kondisi tubuh yang baik tentunya akan membuat kamu aman dan nyaman selama mengendarai. 

Pergi bersama robongan 
 source : www.tribunnews.com

Konvoi saat melakukan mudik bisa menjadi alternatif keamanan yang bisa kamu ikuti lho! Terutama kamu yang berencana untuk melakukan mudik ke luar pulau. Konvoi sangat berguna agar kamu bisa mendaatkan bantuan jika terjadi sesuatu di perjalanan.

Nah, udah pada siap-siap untuk mudik guys? Tetap hati-hati dan jaga keselamatan selama di jalan yah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar